My Blog List

Pages

Labels

Followers

Labels

Labels

Minggu, 25 September 2022

Analisis VRIO


Definisi Kerangka VRIO

Setiap perusahaan dibangun untuk menawarkan beberapa jenis keunggulan atau sumber daya tertentu kepada pasar sasarannya. Kerangka kerja VRIO adalah analisis internal yang membantu bisnis mengidentifikasi keunggulan dan sumber daya yang memberi mereka keunggulan kompetitif.

Kerangka kerja VRIO adalah akronim untuk berbagai ukuran kesuksesan yang terkait dengan bisnis Anda. Ini termasuk nilai, kelangkaan, peniruan, dan organisasi.

Keempat kategori ini adalah penanda untuk nilai dan sumber daya unik yang dicirikan oleh bisnis Anda dan analisis datanya membantu mengungkap apa keuntungan jangka panjang bagi organisasi Anda.

Setelah Anda memiliki pemahaman mendalam tentang nilai unik Anda dan bagaimana sumber daya Anda membantu mewujudkannya, Anda dapat mulai menyusun strategi bagaimana bisnis Anda dapat memanfaatkan keunggulan kompetitif ini dan membuat rencana sukses yang berkelanjutan.

Ketika Anda memikirkan nilai unik Anda, penting untuk menekankan fakta bahwa kesuksesan berkelanjutan membutuhkan kualitas yang tidak dapat dengan mudah ditiru atau diintegrasikan oleh pesaing Anda. Mampu mempertahankan keunggulan kompetitif sangat penting untuk kesuksesan Anda, dan melakukannya membutuhkan pemahaman yang berbeda tentang mengapa Anda penting dan unik.

Kerusakan Kerangka VRIO

Kerangka VRIO adalah analisis empat cabang dari sumber daya organisasi dan ukuran keberhasilan yang berkelanjutan. Empat faktor utama yang menjadi fokusnya adalah Nilai, Kelangkaan, Imitabilitas, dan Organisasi. Semua kategori ini penting untuk dipahami saat menganalisis bisnis Anda untuk penanda kesuksesan dan merupakan inti dari kerangka kerja VRIO.

Saat menggunakan kerangka kerja VRIO, Anda akan mengidentifikasi setiap variabel ini untuk bisnis Anda atau model bisnis yang Anda analisis. Tujuan utama kerangka kerja VRIO adalah untuk mengidentifikasi elemen-elemen ini, dan setelah Anda melakukannya, Anda dapat melanjutkan untuk mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik untuk mengungkap lebih banyak detail tentang mereka.

Identifikasi penting dengan kerangka kerja ini karena jika Anda tidak dapat mengidentifikasi salah satu variabel ini, itu pertanda bahwa Anda harus memikirkan kembali beberapa langkah sebelumnya atau kembali dan melakukan penelitian lebih lanjut tentang keseluruhan ide yang Anda analisis. Karena itu, mari kita uraikan arti setiap variabel dalam kerangka kerja VRIO.

Nilai

Nilai berkaitan dengan kebutuhan spesifik yang mendorong produk/layanan  dan kemampuan yang Anda berikan. Beberapa pertanyaan bagus untuk ditanyakan di sini adalah:

  • Kemampuan spesifik apa yang berdayakan untuk dimanfaatkan pelanggan?
  • Sumber daya nilai apa yang berikan kepada pelanggan?

Jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini harus menyoroti produk/layanan organisasi Anda atau permintaan di balik kebutuhan pelanggan Anda. Saat menetapkan nilai, penting untuk tidak hanya memikirkan nilai Anda, tetapi juga mengapa pelanggan membutuhkan Anda dan mengapa mereka memilih solusi di atas pesaing.

Jika Anda tidak dapat menentukan nilai yang diberikan oleh organisasi Anda, Anda perlu memikirkan kembali nilai yang harapkan untuk diberikan dan memandu sumber daya Anda menuju tujuan tersebut.

Kelangkaan

Kelangkaan berkaitan dengan ketersediaan sumber daya manusia dan seberapa mudah diaksesnya sumber daya tersebut untuk pesaing. Beberapa pertanyaan yang mendorong untuk bagian ini mungkin:

  • Sumber daya apa yang sulit diperoleh yang Anda miliki?
  • Kemampuan unik apa yang diberikan?
  • Bagian mana dari produk/jasa yang pasokannya rendah dan permintaannya tinggi?

Kelangkaan itu penting karena, ketika dicampur dengan nilai, itu menciptakan resep sukses yang menjanjikan. Namun, mereka saling penting, karena tanpa kelangkaan, akan sulit untuk memanfaatkan nilai yang Anda miliki.

Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi fitur langka organisasi Anda, tim Anda harus melakukan brainstorming beberapa cara baru untuk mengintegrasikan nilai Anda ke dalam pengalaman pelanggan Anda. Karena Anda memiliki sumber daya yang berharga dan umum, perlu ada elemen unik untuk menarik pelanggan.

Imitabilitas

Imitabilitas mirip dengan kelangkaan tetapi mempertanyakan kemampuan pesaing Anda untuk meniru solusi dalam model bisnis mereka sendiri. Ia bertanya:

  • Berapa biaya duplikasi untuk sumber daya/solusi organisasi Anda?
    Apakah ada hal serupa yang ada saat ini?
    Untuk membangun keunggulan kompetitif yang kuat, sangat penting mempertimbangkan kemampuan meniru sumber daya/solusi Anda. Jika Anda telah menetapkan nilai dan kelangkaan solusi Anda, tetapi tampaknya mudah diduplikasi dan pesaing Anda dapat dengan mudah memanfaatkannya, maka solusi itu hanya akan berfungsi sebagai keunggulan kompetitif yang cepat berlalu.

Jika berjuang untuk mengidentifikasi potensi peniruan produk/layanan, pikirkan cara untuk dapat mengubahnya untuk meningkatkan nilainya dan melampirkannya ke merek dagang.

Organisasi

Porsi organisasi adalah analisis internal tentang bagaimana bisnis beroperasi dan terstruktur untuk sukses. Beberapa petunjuk yang baik untuk bagian ini adalah:

  • Apakah ada alur kerja yang andal dalam bisnis Anda yang menghasilkan kesuksesan?
  • Struktur/sistem manajemen apa yang ada untuk memastikan sumber daya dan keuntungan Anda akan dimanfaatkan?

Ini adalah langkah terakhir dalam kerangka VRIO dan meminta Anda untuk mempertimbangkan faktor organisasi yang berperan dalam menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan atas pesaing Anda.

Ini mungkin tampak sejajar dengan tujuan Anda tetapi akan menjadi sangat penting ketika Anda mulai masuk ke pasar Anda dan bersaing dengan bisnis lain. Jika Anda berjuang dengan ini, lakukan riset dan pikirkan cara Anda dapat meningkatkan efisiensi keseluruhan organisasi.

Keuntungan & Batasan Kerangka VRIO

Seperti yang telah kami jelaskan, kerangka kerja VRIO adalah alat yang sangat efektif saat menganalisis keunggulan kompetitif yang dimiliki bisnis Anda dibandingkan dengan ekosistem lainnya. Ada beberapa keunggulan lain yang menurut kami perlu mendapat sorotan juga.

  • Ini dapat membantu memprioritaskan alokasi sumber daya bisnis untuk menyoroti nilai unik Anda.
  • Ini dapat menyoroti sumber daya dan keuntungan internal yang sulit dikenali.
  • Membantu menyoroti faktor terpenting untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif dibandingkan organisasi serupa.
  • Memungkinkan Anda mengidentifikasi dan memprioritaskan keunggulan kompetitif Anda.
  • Memberikan peluang besar untuk mengadakan lokakarya virtual internal.

Meskipun kerangka kerja VRIO adalah alat yang sangat membantu bagi banyak bisnis, kerangka kerja VRIO juga terkadang terlalu sempit untuk mengakomodasi seluruh cakupan kebutuhan mereka. Berikut adalah beberapa keterbatasan kerangka VRIO.

  • Karena sifat siklus ekosistem kompetitif, nilai dan keunggulan unik Anda tidak dapat diprediksi dalam jangka panjang.
  • Hanya benar-benar dapat diakses oleh organisasi mapan. Banyak perusahaan kecil mungkin kesulitan untuk mendefinisikan banyak istilah kunci dalam kerangka VRIO.
  • Secara ketat melihat ke dalam sumber daya dan kemampuan Anda dan tidak menganalisis peluang eksternal.


Sekian Terima Kasih...

Ditulis Oleh : Martyn Jay // 21.28
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.